Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, tanggal 09 Maret 2016 atau 29 Jumadil Awal 1437 H menjadi hari yang begitu bersejarah. Bertepatan dengan hari Jum’at, Dayah Sufi Muda pertama yang terletak di Gampong Blang Teungoh, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya diresmikan oleh Pemerintah Aceh.

Peresmian tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Aceh Bapak Muzakkir Manaf dan pejabat mewakili Pemerintah Daerah Nagan Raya dan juga tokoh agama lainnya serta tak kurang dari 5.000 masyarakat.

Dimulai dengan pertunjukan seni budaya berupa pertunjukan silat, tari-tarian, dan shalawat hingga kata sambutan serta penandatanganan prasasti peresmian oleh Wakil Gubernur Aceh, acara ini berjalan khidmat, tertib dan lancar.

Pada saat peresmian Dayah Sufimuda berlangsung, alam menyambut dengan fenomena yang luar biasa. Hari tersebut terjadi Gerhana Matahari Total yang menurut LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) terakhir kali terjadi pada tahun 1995 silam atau tepat 21 tahun sebelumnya. Pada hari tersebut, sebagian besar Pasifik, meliputi Indonesia, Malaysia, dan negara-negara lainnya di Asia Tenggara dan benua Australia menyaksikan gerhana matahari. Di sebelah timur Samudera Pasifik, gerhana matahari total terjadi selama lebih dari 4 menit.

Ini menjadi simbol dan pertanda bahwa Sufimuda hadir untuk menebar kedamaian di muka bumi dengan spirit rahmatan lil alamin melalui pengamalan tasawuf-tarekat.